DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
PENDAHULUAN
DASAR – DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Komputer telah menjadi salah satu orang penemuan paling menakjubkan dan bermanfaat yang pernah dibuat. Ia telah merevolusi cara orang melakukan hal itu. Cara dia makan, minum, tidur dan bahkan berpikir. Dan seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan tersebut yang kita lakukan tidak bisa lepas dari komputer, hampir segala bidang menggunakan komputer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan komputer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain. Dari sedikit penjelasan diatas komputer itu sendiri telah berkembang selama bertahun-tahun. Dari Eniac I kepada para palmtops tangan-diadakan di tangan eksekutif `hari ini, komputer telah berubah dengan teknologi. Dan itu telah mengubah hidup kita juga.
Fasilitas – fasilitas yang disediakan komputer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah komputer beroperasi?.
Pemrosesan komputer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah komputer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah komputer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user. Dalam bahasan ini akan di jelaskan beberapa hal mengenai dasar - dasar pemrosesan komputer.
DASAR – DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Komputer telah menjadi salah satu orang penemuan paling menakjubkan dan bermanfaat yang pernah dibuat. Ia telah merevolusi cara orang melakukan hal itu. Cara dia makan, minum, tidur dan bahkan berpikir. Dan seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan tersebut yang kita lakukan tidak bisa lepas dari komputer, hampir segala bidang menggunakan komputer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan komputer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain. Dari sedikit penjelasan diatas komputer itu sendiri telah berkembang selama bertahun-tahun. Dari Eniac I kepada para palmtops tangan-diadakan di tangan eksekutif `hari ini, komputer telah berubah dengan teknologi. Dan itu telah mengubah hidup kita juga.
Fasilitas – fasilitas yang disediakan komputer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah komputer beroperasi?.
Pemrosesan komputer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah komputer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah komputer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user. Dalam bahasan ini akan di jelaskan beberapa hal mengenai dasar - dasar pemrosesan komputer.
1. PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer
adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan
bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah
sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan
serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program
yang diberikan kepadanya.
Definisi yang ada memberi makna
bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan
bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir
didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan
komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.
Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer
itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun
dipindahkan. Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya
program yang telah dimasukkan kedalamnya.Program ini bisa berupa suatu prosedur
peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal
pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah
yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.
Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa
diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan
oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi.
Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset, data diatas
kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku. Secara
prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk
membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut
memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan
istilah brainware (perangkat manusia).
Konsep hardware - software - brainware adalah
merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.
Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam
komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer
baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun
pekerjaannya.
Pengertian
Komputer Berdasar Golongan
a. General Purpose Computer
Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga
bisa disebut sebagai general- purpose computer, dimana bisa digunakan untuk
menyelesaikan pelbagai variasi pekerjaaan. Komputer jenis ini dapat menggunakan
pelbagai software, bermacam- macam langkah yang saling menyempurnakan, termasuk
didalamnya penulisan dan perbaikan (word-processing), manipulasi fakta-fata
didalam database, menyelesaikan pelbagai perhitungan ilmiah, ataupun mengontrol
sistem keamanan organisasi, pembagian daya listrik serta temperatur.
Walaupun general purpose computer dapat diprogram
untuk digunakan dalam beberapa fungsi, tetap mempunyai batasan-batasan dalam
hal kemampuan, ukuran ataupun persyaratan. Sebagai contoh, general purpose
computer tidak bisa digunakan untuk memproses perhitungan seluruh data
statistik yang dibutuhkan untuk peramalan cuaca ataupun pengetesan pesawat
terbang.
b. Special Purpose Computer
Special-purpose computer digunakan untuk menyelesaikan
pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan
general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaiakan dengan
konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian
rupa. Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose computer yang digunakan
pada sistem komputer berskala besar adalah front-end processor; yang digunakan
untuk mengontrol fungsi input dan output dari komputer utama. Contoh lain dari
special purpose computer adalah adalah back-end processor, yang mengambil data
dari storage serta meletakkan dan mengaturnya kembali kedalam storage.
Dedicated processor juga merupakan
special purpose computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa
agar memiliki fungsi khusus. Dedicated processor dirancang sedemikian rupa agar
bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini
bisa ditemui pada: pelbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin
kesehatan dipelbagai rumah sakit serta aneka video game.
Pengertian
Komputer Menurut Kapasitasnya
a. Personal Computer (PC)/ Micro
Computer
Pada awalnya, komputer jenis ini
diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per- orangan
(personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan
hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh
Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas,
memory yang dimiliki oleh sebuah personal komputer hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). Tetapi dalam perkembangannya,
banyak personal komputer yang kini memiliki memory hingga
8 ataupun 32 MB (Mega Byte). Komputer personal model
Apple II merupakan pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat sekarang. arena harganya relatif
murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer. Personal
komputer kini tidak hanya digunakan oleh perorangan
tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan
untuk menyelesaikan pelbagai masalah yang ada diperusahaan.
Pada umumnya personal
komputer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang pemakai (single-user), tetapi
dalam perkem bangannya dengan menggunakan konsep LAN
(Local Area Network) personal komputer juga dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang bersamaan (konsep multi user).
Pada konsep LAN yang merupakan sebuah jaringan, terdapat sebuah
otak/pengendali yang disebut sebagai server dan beberapa anggota
yang disebut sebagai terminal. Secara pisik bentuk server
ataupun terminal tidak berbeda dengan bentuk sebuah PC.
Hubungan server dan terminal, dilakukan melalui sebuah kabel. Data yang berasal dari pelbagai terminal, akan disimpan secara terpusat
oleh server.
Personal komputer pada saat ini juga mampu melakukan komunikasi data
dengan personal
komputer lainnya ditempat yang saling berjauhan. Dengan menggunakan sebuah modem, maka data yang berasal dari komputer akan dirubah
menjadi gelombang suara, dan suara inilah yang kemudian
dikirim melalui kabel telpon. Modem yang ada ditempat
lain, akan menangkap gelombang suara ini dan merubah bentuknya menjadi gelombang yang bisa diproses oleh komputer. Perbedaan konsep antara LAN dan Modem adalah, LAN hanya bisa digunakan
untuk tempat yang tidak terlalu jauh (saat ini diartikan
sebagai: tidak lebih dari 2.000 meter), dan biasanya
masih terbatas dalam satu gedung. Selebihnya diperlukan modem. Kabel yang digunakan pada LAN adalah kabel digital, sehingga data bisa
langsung dikirim tanpa perlu merubah bentuk seperti
halnya yang dilakukan oleh modem
Jenis PC lainnya yang tengah populer
pada saat ini adalah: note-book. Note-book menggunakan silikon chip yang sangat
tipis yang merupakan lambang kemajuan teknologi. Komputer jenis ini mempunyai
bentuk yang sangat kecil apabila dibanding dengan jenis komputer lainnya.
Note-book biasanya dilengkapi dengan portable battery- power, sehingga tanpa
adanya listrik-pun note-book masih bisa dioperasikan. Dengan demikian, komputer
jenis ini sangat cocok digunakan bagi para pemakai yang sering berpergian. Karena
menggunakan monitor jenis LCD (Liquid Cristal Display), note-book mempunyai
bentuk yang sangat tipis. Disamping itu, note-book juga memiliki fasilitas disket
ataupun hard-disk seperti hal-nya komputer PC pada umumnya. Internal memory yang
dimiliki juga sangat besar, dimulai dari 4 MB yang kemudian bisa dikembangkan hingga
64 MB. Note-book juga mampu melakukan komunikasi data dengan sesama note-book
ataupun dengan komputer lainnya dilokasi yang saling berjauhan.
b.
Mini Computer
Komputer mini mempunyai kemampuan
berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini
disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang
mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang
digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil.
Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu
pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer
banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh
Komputer mini: IBM AS-400
c. Mainframe Computer
Ciri utama yang membedakan
pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki
processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses
mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer. Kecepatan kerja
mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik (1 giga operations per-seconds = 1
GOPS). Kecepatan semacam ini sangatlah diperlukan, karena mainframe biasanya
digunakan untuk memproses data-data yang mempunyai kapasitas sangat besar, dan
disamping itu, mainframe biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan
pemakai yang bekerja secara bersama-sama.
Suatu teknik atau cara yang memungkinkan banyak orang
pada pelbagai terminal dapat meng-access pada satu komputer pada saat yang
bersamaan, dikenal dengan time-sharing. Didalam pengertian time sharing
sendiri, CPU dalam memberikan perhatiannya sebenarnya hanya kepada satu pemakai
pada satu saat, dan kemudian dilanjutkan dengan pemakai berikutnya. Tetapi
karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi, maka jarak pemakaian waktu antara
satu pemakai dan lainnya tidaklah nampak secara jelas. Mainframe secara umum
membutuhkan ruangan khusus dimana faktor lingkungan yang terdiri dari
temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini
disebabkan karena nilai komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan
didalamnya sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan
pelbagai sistem pengamanan elektronik.
d.
Super Computer
Sesuai dengan namanya, super
komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki
kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan
main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh
super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara
yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti
misalnya industri pesawat terbang Nurtanio. Dikarenakan kemampuannya yang
sangat luar biasa dan diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca/menyadap
pelbagai data dari satelit, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus
mendapat persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah
ditolak oleh presiden Amerika ketika Nurtantio menginginkan untuk membeli
sebuah super komputer dari Amerika.
. Unit-unit computer, yang disebut perangkat keras,
biasanya dikemas dalam suatu kotak tersendiri dan dihubungkan dengan
kabel-kabel elektris. Arus data melalui system digambarkan oleh panah dalam
gambar. Unit yang paling penting adalah central processing unit (CPU) yang mengendalikan
semua unit system computer yang lain dan mengubah input menjadi output. CPU
mencakup suatu unit penyimpanan yang disebut penyimpanan primer, biasanay
disebut main memory. Primary storage berisi data yang sedang diolah dan program,
yaitu daftar instruksi yang mengolah data. Istilah perangkat lunak digunakan
untuk menggambarkan satu atau beberapa program. Unit pengendali membuat semua
unit bekerja sama sebagai suaut system, dan arithmetic and logic unit (ALU).
Satu atau beberapa unit input memasukkan data ke dalam penyimpanan primer.
Karena penyimpanan primer terbatas kapasitasnya, diperlukan suatu area
penyimpanan tambahan, yang disebut penyimpanan sekunder. Penyimpanan sekunder
menyediakan temap untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.
Program yang disimpan disebut koleksi perangkat lunat (software library) dan
data yang disimpan disebut database. Hasil pengolahan tersebut dicatat oleh
unit output.
2. PENYIMPANAN
PRIMER DAN SEKUNDER PADA KOMPUTER
a. Penyimpanan Primer
RAM (Random
Access Memory)
Merupakan
nama yang yang diberikan pada integrated circuit yang berfungsi sebagai bagian
dari penyimpanan primer yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak dan
data. RAM memungkinkan operasi baca tulis juga disebut mudah hilang karena isinya
hilang saat daya listrik dimatikan.
Struktur RAM
dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
Input
Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui
alat input.
Program
Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi
program yang
akan diakses.
Working
storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan
menyimpan
hasil pengolahan.
Output
Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data
yang akan
ditampilkan ke alat output. Berdasarkan struktur RAM tersebut, data
yang diinput
ke dalam sistem komputer akan ditampung ke dalam input storage, bila data dalam
bentuk instruksi program maka akan dimasukkan ke dalam program storage, dan
bila dalam bentuk data dan hasil pengolahan data maka akan dimasukkan ke
working storage, kemudian sebelum data akan ditampilkan atau output maka akan
disimpan ke dalam output storage.
Terdapat
beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :
FPM DRAM
(Fast Page Mode Random Access Memory), RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard
komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386.
Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.
EDO RAM (
Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca
dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO– RAM
adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single
Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz
BEDO RAM
(Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO
RAM yang
memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
SD RAM
(Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas
EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual
Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
RD RAM
(Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali
digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM
adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki
kecepatan hingga 800 MHz.
DDR SDRAM
(Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan
kecepatan SD RAM,dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini
mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin,
bentuknya
adalah RIMM.
adalah RIMM.
ROM (Read
Only Memory)
Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja
komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan
tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile).
ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintah ROM ini
dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau syntax-syntax. Misalnya,
untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket
atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati
listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROM
disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software
dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau rusak
maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu pabrik
komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat dirubah. Selain
ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali yaituPROM
(Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan tidak
dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut denganEPR O M (Erasable Programmable Read Only
Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram
kembali berulang- ulang. Dan jenis yang disebutEEPROM (Electrically Erasable Programmabel Read Only Memory) yang
dapat dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali.
Cache Memory
Merupakan
memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori
perantara. Perpindahan instruksi program dan data antara penyimpanan primer dan
prosesor dicapai pada kecepatan yang sangat tinggi hingga mencapai 50
nanosecond. 1 nano second adalah satu per satu milyar dari 1detik.
Isi cache
memory diperiksa oleh prosesor sebelum prosesor mencari instruksi
program atau
data di RAM biasa.
b.
Penyimpanan Sekunder
External memory bisa diartikan sebagai memory yang
berada diluar CPU. Juga disebut sebagai Secondary Storage ataupun Backing
Storage ataupun Memory Cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan
program. Data dan program yang tersimpan didalam external memory, agar bisa
berfungsi data dan program tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam
internal memory. Jenis external memory cukup banyak. Dalam kehidupan
sehari-hari, buku, kertas, gambar foto, ataupun rekaman suara, juga bisa
dikatakan sebagai external memory dari manusia. Dikatakan external memory karena
berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data yang terletak diluar otak manusia.
Agar data-data yang ada didalam external memory tersebut bisa berfungsi bagi manusia,
maka data-data tersebut, juga harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal
memory, misalnya dengan cara membaca.
3. ALAT
INPUT DAN OUTPUT PADA PEMROSESAN KOMPUTER SERTA PERANNYA DALAM
PEMECAHAN
MASALAH
Dari apa yang telah diuraikan dapatlah dilihat, bahwa
pengertian komputer bisa ditinjau dari bermacam-macam sudut, seperti misalnya:
tinjauan komputer dari generasi ke-generasi, tinjauan komputer dari sudut
kapasitasnya, dan disamping itu, komputer juga dapat ditinjau dari jenis data
yang diolahnya. Walaupun demikian, secara prinsip sebuah komputer selalu memiliki
sebuah konsep dasar seperti yang nampak pada gambar. Komputer apapun jenisnya,
selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing
Unit, Output Device dan External memory.
a. Input
Device
Input device
bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke- dalam
komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak, seperti
:
Keyboard
Alat penunjuk ( mouse, touch-screen monitor, Light Pen, Unit Remote Control)
Alat input otomatisasi data sumber ( Scanner, MICR, EFT)
Alat input pengenal suara (microphone)
Alat input pengenal gambar (camera)
Keyboard
Alat penunjuk ( mouse, touch-screen monitor, Light Pen, Unit Remote Control)
Alat input otomatisasi data sumber ( Scanner, MICR, EFT)
Alat input pengenal suara (microphone)
Alat input pengenal gambar (camera)
Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga bisa
diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi untuk memasukkan data
kedalam otak manusia. Membaca bisa diartikan sebagai memasukkan data (kedalam
otak manusia) melalui mata.
b. Central Processing Unit (CPU)
Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya
kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari
komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk
melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya:
mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan
maupun membandingkan. Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi : Internal
Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program. ALU
(Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan. Control
Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi computer CPU juga disebut sebagai
microprocessor. Dimana untuk bekerja microprocessor dipengaruhi oleh kapasitas
pemrosesan Bit-nya dan juga frekwensi kerjanya. Kapasitas bit untuk
Microprocessor ada 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Kemampuan CPU dilihat dari
bit- nya, bila suatu processor berkapasitas pemrosesan 8 bit, dapat diartikan
bahwa pemrosesan tersebut memiliki 8 pintu masuk untuk menerima bit-bit
instruksi. Dengan demikian, processor 16 bit, dapat memproses kira-kira 2 kali
lebih cepat dari yang 8 bit.
Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan kerja
microprocessor adalah frekwensi kerja komputer. Ada CPU yang mempunyai
frekwensi 4.77 Mhz (mega hertz = juta hertz), 8 Mhz, 16 Mhz, 40 Mhz, 50 Mhz dan
lain sebagainya. Semakin tinggi frekwensi yang dimilikinya, semakin tinggi pula
kecepatan memprosesnya.
Microprocesor 8 bit adalah 8088, biasa digunakan untuk
komputer PC-XT dengan frekwensi 4.77 Mhz. Microprocessor 16 bit adalah 80286,
dipasang untuk type PC-AT dengan frekwensi antara 8 Mhz hingga 20 Mhz.
Microprocessor 32 bit adalah 80386 dan 80486, kedua jenis microprocessor ini
dipasang pada jenis PC-ATgan frekwensi antara 20 Mhz hingga 40 MHZ. Kini
beredar microprocessor jenis 80586 (pentium) dan 80686
Microprocessor 586 dikenal dengan nama pentium, telah
dirilis sejak bulan Maret 1993. Banyak perubahan dan peningkatan pada processor
ini. Kecepatan yang dimiliki adalah 112 MIPS (Million Instruction PerSecond)
atau meningkat 5 kali lebih cepat dari generasi 486.
c. Output
Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang
berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang
berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun
dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang
dimiliki oleh komputer cukup banyak, seperti :
Alat output tampilan ( layar monitor, LCD proyektor)
Alat output cetakan (printer)
Alat output suara (speaker device)
Alat output cetakan (printer)
Alat output suara (speaker device)
Microform
Alat output
grafik (printer, plotter, layar tampilan) Dalam kehidupan sehari-hari, menulis,
juga bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk mengeluarkan hasil pemikiran
kedalam suatu media sehingga bisa dibaca oleh manusia. Media yang dipergunakan
untuk menulis bisa berupa kertas ataupun bentuk lainnya. Dalam sebuah
perusahaan baik staf maupun manager sering tampak menggunakan keyboard dan
layar tampilan dan mungkin printer dan plotter dalam memecahkan masalah. Alat
input dan output ini menyediakan hubungan komunikasi antara pengguna (user)
dengan computer dan karenanya berperan langsung pada pemcahan masalah. Ada pula
alat pada computer yang tidak secara langsung berperan dalam pemecahan masalah,
contohnya seorang manager meminta stafnya untuk mengumpulkan informasi dari
laporan-laporan dalam bentuk microfilm dan menyajikan ringkasannya dalam bentuk
grafik. Jadi bisa disimpulkan bahwa semua alat input maupun output dapat
berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung maupun tidak
langsung.
4. SOFTWARE
DAN PENGGUNAANNYA DALAM PEMECAHAN MASALAH
- Perangkat Lunak system (system
software) melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperkukan semua pemakai
suatu computer. Tugas-tugas ini berhubungan dengan perangkat keras, dan bukan
aplikasi yang dilaksanakan perusahaan.
- Perangkat Lunak Aplikasi membantu pengelolaan sumber
daya fisik dan konseptual perusahaan. Hal ini ditempuh dalam dua cara, yaitu
membuat program sendiri (custom programming) atau membeli paket jadi
(prewritten package). Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat
berperan langsung atau tidak langsung dlam pemecahan masalah. Perangkat lunak
system tidak berperan langsung dikarenakan perangkat ini tidak dibuat untuk
operasi tertentu dari pemakai. Perangkat lunak aplikasi, sebaliknya, dapat
berperan langsung atau tidak langsung. Sebagian perangkat lunak apliksi
peningkatan produktivitas organisasi dan perorangan hanya berpengaruh tidak langsung
pada pemecahan masalah, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.
namun, perangkat lunak produktivitas lain seperti spreadsheet elektronik, paket
analisis statistic dan perkiraan, sertra manajemen proyek memberikan dukungan
langsung.
5. MENCAPAI
KEMUDAHAN BAGI PEMAKAI SOFTWARE
- Dialog
Terpandu (guided dialogue)
Untuk
mencapai dialog terpandu dapat digunakan tiga teknik, yaitu menu, teknik tanya-
jawab, dan
teknik pengisian formulir
Menu
(daftar pilihan yang digunakan pemakai untuk membuat pilihan, yang memampukan pemakai untuk menetukan apa
yang harus dilakukan. Pilihan- pilihan tersebut dapat diatur dalam format
horizontal datu veritkal dan pemakai membuat pilihan dengan memasukkan angka
dari pilihan itu atau dengan
menggerakkan
cursor ke pilihan tiu dan memencet tombol ‘enter’.
Teknik
Tanya-Jawab (program aplikasi meminta input dari pemakai. Suatu pertranyaan atau instruksi dapat
ditampilkan pada layar. Pertanyaan atau instruksi ini disebut prompt. Pemakai
member respon dengan mentik jawabannya.
Teknik
pengisian formulir (digunakan dengan memindahkan cursor dari satu
tempat
kosong ke tempat kosong lain dan memasukkan data yang sesuai.
- Penjelasan
Sesuai Konteks (context-sensitive help) Jika seorang pemakai menemui kesulitan
atau tidak yakin pada pilihan yang ada saat menggunakan perangkat lunak, pemakai
dapat meminta suatu tampilan yang menjelaskan bagaimana mengatasi kesulitan itu
atau menunjukkan pilihan yang sah, tampilan itu disebut help screen atau help
message.
- Interface
grafis bagi pemakai (graphical user interface) Kemampuan perangkat lunak untuk
berkomunikasi dengan pemakai melalui grafik dengan menggerakkan cursor di layar
dengan mouse atau trackbell untuk memilih icon yang diinginkan. Saat cursor
berada pada posisi yang tepat, file data atau pilihan pemrosesan dapat
diaktifkan dengan memencet tombol mouse yang tepat.
5.
MEMINIMUMKAN KESALAHAN INPUT
a.
Pencegahan Kesalahan
Layar input
dapat dirancang sehingga data tertentu yang ditampilkan tidak dapat diubah tanpa
sengaja oleh pemakai. Pemakai tidak dapat menggerakan cursor ke field data yang
memiliki format terproteksi.
b.
Pendeteksian Kesalahan
Saat terbaik
untuk mendeteksi kesalahan adalah saat data sedang dimasukkan, sebelum
data itu
berkesampatan mempengaruhi system. Untuk mencapai tujuan ini sebagian
besar
software telah menyertakan edit routine yang mendeteksi pemasukan data yang
salah.
c. Perbaikan
Kesalahan
Sebagian
besar perangkat lunak menyediakan kemampuan edit isi record data dengan memungkinkan
pemakai untuk menggerakan cursor ke field yang salah dan memperbaiki kembali
semua atau sebagian entry data yang salah.
d. Menempatkan
Penanganan Kesalahan dalam Perspektif Penggunaan teknik-teknik pengurangan
kesalahn memaksimumkan peluang data input yang akurat. Namun kita harus
menyadari bahwa bagaimana pun cermatnya mengikuti teknik-teknik yang ada,
kesalahan masih mungkin terjadi. Karena itu, daripada berusaha menghilangkan
kesalahn seluruhnya, kita harus berkonsentrasi menghilangkan kesalahan yang
ada, jika tidak diperbaiki, mungkin memiliki efek merusak pada organisasi, dan
kemudian berusaha mengurangi kesalahan-kesalahan lain pada tingkat minimum yang
masih dapat diterima.
Komponen dalam computer satu sama lain saling mendukung dan bila salah satunya tidak bekerja dengan baik akan mengganggu dan membuat computer tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Seperti pada proses jika tidak ada inputan maka tidak ada proses karena computer tidak mengetahui apa yang harus di kerjakan jika tidak ada inputan, sedangkan output tidak bisa di hasilkan jika proses atau CPU tidak berjalan normal meski ada inputan, dan lagi suatu aplikasi tidak bisa berjalan tanpa adanya OS (Operating System) yang menjadi pendukung dan Os pun juga tidak bisa berjalan tanpa adanya CPU.
Proses dalam computer perlu untuk kita ketahui agar kita bisa menggunakan computer secara maksimal sebagai penunjang kegiatan kita.
Diposkan oleh suvyaenah di
Daftar pustaka : Erdy
Deniansyah
http://nunufitriani.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar